‘Gerbang’ menurut KKBI Online Kemdikbud memiliki arti “pintu masuk”. Pintu masuk pasti identik dengan upaya menuju “ke dalam”. Ibarat sebuah rumah, dengan melewati pintu lalu masuk ke dalam, anda dapat melihat isinya, menjelajah ruangan-ruangannya, menemukan furnitur-firniturnya, menyentuh dan merasakan setiap bagian di rumah tersebut. Demikianlah perumpamaan “Gerbang Kebudayaan” melalui sebuah pintu masuk, anda dapat menelusuri isi dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, melihat kebudayaan Indonesia, dan terlibat didalamnya.

Pintu tersebut berupa laman website (kebudayaan.kemdikbud.go.id). Laman ini berisi segala informasi terkait program di Direktorat Jenderla Kebudayaan dan informasi kebudayaan secara umum.  Tulisan ini dibuat agar pembaca sekalian, baik yang berminat/berkepentingan/ pengelolanya dapat memahami penggunaan laman kebudayaan ini.

Ada dua hal yang akan dijelaskan dalam tulisan ini, pertama adalah struktur informasi. Secara konseptual, laman kebudayaan terdiri dari empat informasi; berita, feature, layanan, dan informasi publik. Masing-masing bagian berisi informasi turunannya masing-masing. Berikut adalah bagan infomasi laman kebudayaan:

komponen Informasi

Layanan

Layanan di Ditjen Kebudayaan memiliki aplikasi sendiri. Informasi layanan pada laman kebudayaan hanya menghubungkan kepada aplikasi masing-masing layanan yang dikelola oleh masing-masing Direktorat.

Layanan

Kedua, laman kebudayaan membawahi 39 microsite milik UPT dibawah Ditjen Kebudayaan (Balai Pelestarian Nilai Budaya, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Museum, BK Borobudur, serta BPSMP Sangiran). Semua microsite tersebut terintegrasi dengan laman utama kebudayaan.

Anda dapat mengunjungi laman masing-masing satuan kerja dengan membuka “satuan kerja” pada menu di laman utama. Lalu terdapat pengelompokan satuan kerja berdasarkan lingkup kerja masing-masing. Pilih lingkup kerja satuan kerja yang anda tuju. Didalamnya terdapat daftar satuan kerja. Klik nama satuan kerja yang anda pilih, anda akan dibawa menuju laman satuan kerja tersebut.

page 1

page 2    page 3                  page 4

Rating