Pengelola TIK Kemdikbud telah menetapkan SLA (Service Level Agreement) 98,5%. Untuk menjamin layanan tersebut maka monitoring network harus dilakukan penuh selama 24 jam 7 hari. Monitoring dapat dilakukan secara remote, namun apabila terjadi hal hal yang perlu tindakan on site secara cepat, maka diperlukan petugas yang siap setiap saat. Untuk itu, maka pengelola TIK Kemdikbud telah mengatur jadwal piket harian.

Piket harian memiliki tugas dan tanggungjawab antara lain melakukan pengecekan untuk memastikan semua layanan berjalan dan berfungsi baik; melakukan tindakan teknis perbaikan apabila ada perangkat yang gagal layanan; memberikan support telknis pada costumer internal Kemdikbud; mencatat dan membuat laporan kejadian harian terkait layanan TIK Kemdikbud.

Agar piket mempunyai pedoman dalam bekerja, maka telah disusun standar operasional prosedur dalam melakukan monitoring harian DC dan LAN Senayan sebagai berikut :

1. Data Center
Preventif
1.  Melakukan pengecekan Power Supply/listrik Data Center dengan melihat indikator pada panel listrik;
2.  Melakukan pengecekan AC dengan melihat indikator suhu dan kelembapan (suhu : 18-27oC/65-81oF, kelembapan: 50%);
3.  Melakukan Pengecekan UPS dengan melihat indikator pada layar UPS;
4.  Melakukan Pengecekan CCTV.

Penanganan Gangguan
1.  Jika terdapat indikator gangguan pada perangkat yang berada di dalam data center, segera melaporkan kepada pengelola data center;
2.  Jika terjadi kondisi darurat seperti gejala kebakaran, segera menghubungi petugas keamanan terdekat.

Pemeliharaan
1.  Menjaga dan memelihara kebersihan dan kerapihan ruangan dan alat kerja. Contohnya membuang sisa makanan/sampah ke dalam tempat sampah.

2. LAN Senayan
Preventif
1.  Melakukan pemantauan trafik Jaringan melalui NMS dengan mengecek trafik sebagai berikut:
– Backbone Internasional Utama
– Backbone Internasional Backup
– Local loop Senayan-Ciputat
– Local loop senayan-Duren Tiga
2.  Melakukan pengecekan Core Switch melalui test PING;
3.  Melakukan pengecekan Distribution Switch Gedung A melalui test PING;
4.  Melakukan pengecekan Distribution Switch Gedung B melalui test PING;
5.  Melakukan pengecekan Distribution Switch Gedung C melalui test PING;
6.  Melakukan pengecekan Distribution Switch Gedung D melalui test PING;
7.  Melakukan pengecekan Distribution Switch Gedung E melalui test PING;
8.  Melakukan pengecekan Wireless Controller Gedung A dan C;
9.  Melakukan pengecekan Wireless Controller Gedung D dan E;
10. Melakukan pengecekan utilisasi bandwidth melalui aplikasi bandwidth management.

Penanganan Gangguan
1.  Melakukan troubleshooting dasar seperti tes koneksi ke jaringan local dan jaringan internasional;
2.  Apabila gangguan perlu penanganan lebih lanjut segera menghubungi koordinator LAN Senayan.

Pemeliharaan
1.  Melakukan kunjungan lapangan (site visit) untuk pengecekan kondisi perangkat;
2.  Melakukan kunjungan untuk mendapatkan informasi dari admin/teknisi setempat (minimal 2 lokasi unit eselon 2).

3. Pelaporan
Pelaporan monitoring harian DC dan LAN Senayan dilakukan dengan mengisi form online sebagai berikut:
1. Form Insiden/Gangguan
form online yang diisi ketika terjadi insiden atau gangguan di data center atau LAN Senayan.
2. Form Monitoring
form online untuk melaporkan hasil monitoring data center dan LAN Senayan yang diisi sebanyak tiga kali dalam sehari yaitu pada saat pagi, siang dan sore hari.

Rating