Guru dan orang tua memegang peranan penting dalam proses pembelajaran seorang siswa (peserta didik), baik di sekolah maupun di rumah. Namun selama ini pembelajaran masih terkesan didominasi oleh guru di sekolah. Padahal waktu siswa lebih banyak berada di rumah atau di luar sekolah. Sayangnya justru waktu yang lebih banyak di luar sekolah tersebut belum dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh orang tua atau wali siswa untuk mendampingi atau membimbing anaknya belajar di rumah. Untuk menjembatani kegiatan belajar peserta didik di sekolah dan di rumah diperlukan sebuah media berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang memungkinkan guru, orang tua dan siswa berinteraksi melalui media komunikasi secara asimetris di mana saja dan kapan saja.

Salah satu media komunikasi asimetris adalah telepon seluler atau ponsel yang hampir semua orang – termasuk guru dan orang tua serta siswa – kini mampu memiliki dan memanfaatkannya kapan saja, bahkan dapat dikatakan bahwa ponsel telah menjadi bagian dari kehidupan manusia di abad ini. Ponsel menjadi makin digemari karena begitu banyaknya aplikasi yang dapat dipilih, diunduh dan diaktifkan untuk memudahkan kita berinformasi, berkomunikasi, berkolaborasi, dan berekreasi. Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk memudahkan kita saling berkomunikasi dan berkolaborasi melalui ponsel – baik berbasis Android, Blackberry, iPhone, Nokia, maupun Windows Phone – yang instan, pribadi dan sederhana (simpel) adalah WhatsApp Messenger.

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan seluler lintas platform yang memungkinkan kita untuk bertukar pesan tanpa harus membayar SMS. WhatsApp Messenger di ponsel ini bisa berkirim pesan satu sama lain. Ini dimungkinkan karena WhatsApp Messenger memakai paket data internet yang kita pakai untuk mengirim email dan menjelajahi internet, sehingga mengirim pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman tidak akan dikenakan biaya. Selain fitur dasar berkirim pesan, pengguna WhatsApp dapat membuat grup, saling berkirim gambar, pesan video dan audio dalam jumlah tidak terbatas.

Selama ini

Rating