Live Streaming adalah Suatu proses pengiriman data secara terus menerus melalui internet yang sangat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan informasi dalam bentuk video streaming Video streaming adalah proses pengiriman file video ataupun audio secara langsung ke publik melalui server.

Beberapa hal yang harus anda ketahui terkait Live Streaming.

  1. HDMI Box Video Capture USB 3.0 adalah alat untuk mengubah output dari kamera yang menangkap video dan audio menjadi input USB, alat ini digunakan karena slot HDMI yang ada pada laptop adalah slot HDMI Output bukan Input, jadi slot tersebut tidak bisa menerima input dari kamera, sehingga harus diubah terlebih dahulu.
  2. Encoding atau yang sering disebut juga sebagai video conversion atau video transcoding adalah proses merubah video yang didapat dari input menjadi video digital dengan format yang sesuai dengan platform apa yang akan memutar video tersebut.
  3. Video switcher adalah alat untuk menggabungkan beberapa input video dan memilih video mana yang akan dijadikan output dari beberapa input tersebut, dengan alat ini live streaming akan terasa lebih hidup karena kita bisa mendapat video dari banyak sudut pandang. Untuk beberapa video switcher ada juga yang dilengkapi dengan fungsi untuk mengontrol audio. Pada alat ini yang biasanya juga dilenghhkapi dengan software tersendiri untuk kontrolnya ada juga yang menyediakan fitur untuk mengedit video yang ditangkap sebelum video itu di upload ke RTMP server. Editing yang dilakukan biasanya menambahkan efek pada pergantian antar kamera, menamahkan logo siaran di sudut atas screen, mnambahkan banner untuk menjelas-kan apa yang sedang terjadi pada video (banner nama pembaicara, nama acara, judul pagelaran). Editing ini juga
  4. Reporter adalah salah satu jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan berita (news gathering) di lapangan dan melaporkannya ke pada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet, atau pun secara lisan, bila laporannya disampaikan melalui media elektronik radio atau Hasil kerja reporter, baik merupakan naskah tulisan ataupun lisan, umumnya harus melalui penyuntingan redaktur atau produser berita sebelum bisa disiarkan kepada publik

 

Rincian kebutuhan pelaksanaan teknis Live streaming

  1. Preskon/Talk Show dan sejenisnya

Rincian : 5 Crew (1 Operator Live Streaming, 2 Cameraman, 1 Mover, 1 Reporter) Alat : 2 Kamera Video, 2 HDMI Box, 1 Laptop, 2 Clip on Mic, 1 Harddisk           Eksternal)

  1. Seminar/Worksop

Rincian : 9 Crew (3 Kameramen, 3 Operator, 2 Mover, 1 Stage Manager) Alat : 3 Kamera Video, 3 HDMI Box, 1 Audio Mixer, 1 Video Switcher, 2 Laptop, 9           HT+Headset, 1 Harddisk Eksternal).

  1. Pentas Seni,Pagelaran Wayang, dll

Rincian : 11 Crew (5 Kameramen, 3 Operator, 2 Mover, 1 Stage Manager) Alat : 5 Kamera Video

 

Pelaksanaan

Live streaming

Rating