vicon coverLayanan Video Conference (Vicon) Pustekkom merupakan layanan infrastruktur TIK untuk memenuhi kebutuhan komunikasi visual (audio video) secara realtime berbasis jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar titik (point to point), maupun beberapa titik (multipoint) secara bersamaan dalam sebuah ruang virtual. Infrastuktur Video Conference disediakan bagi seluruh unit pusat di lingkungan Kemdikbud. Layanan ini mengacu pada kesesuaian kebutuhan layanan yang akan dijalankan satker dengan dukungan perangkat, sistem, infrastruktur, dan sumber daya manusia (SDM) yang tersedia. Permintaan layanan dapat dilakukan 24 jam melalui Sistem Elektronik Layanan Infrastruktur (seli.kemdikbud.go.id) dan diproses sesuai dengan SOP yang ada.

Di bawah ini beberapa langkah operasional layanan vicon.kemdikbud.go.id:

Untuk perangkat PC/Laptop:

  1. Siapkan PC/laptop dengan kamera, microphone, dan speaker (baik built in / eksternal). Pastikan terkoneksi jaringan internet minimal 384 Kbps:
  2. Buka browser/peramban pada PC/laptop. Direkomendasikan menggunakan mozilla firefox versi 4.9 atau sebelumnya;
  3. Buka gg.gg/vicon. Kemudian unduh dan install file-file : ClientInst.exe, MgrInst.exe, streaming.exe, dan QuickTimeInstaller.exe pada sistem operasi windows. Untuk sistem operasi IOS Macintos, cukup melakukan download secara otomatis;
  4. Buka alamat vicon.kemdikbud.go.id, tampilan akan seperti gambar berikut:
  5. vicon.kemdikbudPerhatikan posisi pojok kiri atas dari browser Mozilla Firefox, ijinkan plug-in scopia untuk dijalankan. Perhatikan gambar berikut:
  6. enable plugin Pastikan fungsi dari sistem audio (microphone dan speaker) dan video(kamera) sudah terintegrasi. Perhatikan gambar dibawah ini untuk melakukan pengecekan:
  7. cek audio videoIsikan nama Anda pada kolom “your name” dan isikan 6060 pada kolom “meeting ID”, “kemudian klik participate now”; Untuk instalasi pertamakali, Anda akan mengalami proses instalasi plugin scopia kedalam browser. Seperti gambar di bawah ini:

capture firefox install awal
capture firefox install awal2
       8. Setelah proses instalasi selesai, maka Anda akan langsung diarahkan pada virtual meeting 6060.

9. Untuk operasional sebagai peserta rapat dan moderator rapat akan disampaikan pada postingan setelah ini.

Terimakasih.

 

Rating