Diagram Troubleshooting Internet Sederhana

 

 

  1. Langkah pertama untuk melakukan troubleshooting gangguan koneksi internet sederhana adalah memastikan apakah PC/device lain pada network/ruangan tersebut juga mengalami hal yang sama.
  2. Jika hanya ada satu PC/device yang tidak bisa mengakses jaringan internet pada network tersebut, maka hal yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah PC/device sudah terhubung pada SSID yang sesuai (SSID di ruangan tersebut), PC/device harus terhubung pada SSID yang ada di ruangan sesuai dimana PC/device tersebut berada.
  3. Jika PC/device sudah terhubung ke SSID yang benar namun masih belum bisa mengakses internet, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada setting network adapter, pastikan network adapter berstatus “enabled” dan IP tidak bertatus static. Jika dua hal tersebut diatas (poin 2 dan 3) sudah dilakukan tapi masih belum bisa mengakses jaringan, maka perlu ada pemeriksaan lebih lanjut pada PC/hardware.
  4. Tapi jika semua PC/device dalam satu network tidak dapat terkoneksi ke internet maka yang pertama kali dilakukan adalah memeriksa apakah lampu indikator network pada access point.
  5. Apabila lampu indikator mati, maka harus dilakukan pemeriksaan apakah konektor dan kabel sudah terhubung dengan benar pada perangkat access point ke distribution switch.
  6. Dan sebaliknya apabila lampu indikator menyala, harus dilakukan pemeriksaan kondisi network pada kabel UTP yang menghubungkan antara distribution switch dan access point apakah terkoneksi network atau tidak. Jika kabel UTP yang menghubungkan antara distribution switch dan access point terkoneksi network maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah terjadi kerusakan pada access point, dan sebaliknya apabila tidak terkoneksi network maka harus dilakukan pemeriksaan ke network/ruangan lain yang terhubung melalui distribution switch yang sama.
  7. Apabila network/ruangan lain yang terhubung melalui distribution switch yang sama tidak mengalami gangguan serupa, maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada port distribution switch dan kabel beserta connector. Dan sebaliknya jika network/ruangan lain yang terhubung melalui distribution switch yang sama mengalami gangguan serupa maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada core switch/server/ISP (Internet Service Provider).

Rating