PENDAHULUAN

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di abad ke-21 begitu pesat menciptakan tantangan-tantangan baru dalam proses belajar mengajar. Permasalahan yang makin kompleks menuntut kesiapan dunia pendidikan untuk mengantisipasinya. Informasi dan pengetahuan yang semakin beragam dan mudah penyebarannya menuntut pendidik dan peserta didik untuk dapat mempergunakan sebaik-baiknya.  Informasi dan pengetahuan ada yang bernilai positif ada juga yang negatif, sehingga filter dari pendidik sangat diperlukan.  Di sisi lain dengan adanya informasi dan pengetahuan yang beragam sangat membantu dalam proses pengambilan keputusan sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.  Hal ini akan berakibatnya pada peningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, terutama pendidik. Oleh karena itu perubahan teknologi yang cepat harus disertai dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam hal ini pendidik, peserta didik dan masyarakat.

Selama ini pendidik atau tenaga pendidik menghadapi banyak persoalan dan permasalahan dalam proses penyelenggaraan pembelajaran. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pendidik atau tenaga pendidik diantaranya kesulitan menuntaskan pelaksanaan kurikulum dengan adanya penyesuaian dan perubahan kurikulum 2013, serta tuntutan sertifikasi pendidik  sebagai upaya peningkatan kualitas  dan kompetensi pendidik. Di sisi lain peserta didik masih kesulitan memperoleh bahan belajar dan media belajar mandiri yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Permasalah-permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi dengan adanya aplikasi Rumah Belajar.

Aplikasi atau portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) sejak tahun 2011 dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id, portal Rumah Belajar menyediakan fitur-fitur utama dan pendukung. Disamping itu, Rumah Belajar juga terhubung dengan link-link seperti tv Edukasi, suara Edukasi, Radio Edukasi, tv Edukasi video on demand (VoD), Anugerah KiHajar, Klinik Konsultasi Pembelajaran, M-edukasi, SMA Terbuka dan Klub Pompi. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan peserta didik, pendidik, dosen dan masyarakat luas.

  • FITUR-FITUR UTAMA

Fitur Utama

  1. Sumber Belajar merupakan layanan penyediaan aneka sumber belajar digital untuk jenjang Pendidikan PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK;
  2. Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan layanan penyediaan buku-buku mata pelajaran digital sesuai kurikulum 2013;
  3. Bank Soal merupakan layanan penyediaan kumpulan soal sesuai dengan jenjang pendidikan dan juga dapat langsung membuat soal baru di fitur bank soal;
  4. Laboratorium Maya merupakan layanan laboratorium yang menjelaskan simulasi mata pelajaran terkait science;
  5. Peta Budaya merupakan layanan penyediaan informasi sejarah dan budaya Indonesia yang dikemas dalam perpustakaan digital;
  6. Wahana Jelajah Angkasa merupakan layanan penyediaan informasi tentang ruang angkasa yang dapat diakses sesuai format;
  7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan layanan penyediaan diklat dengan metode Blended yaitu tatap muka dan online; dan
  8. Kelas Maya merupakan layanan penyediaan fasilitas e-learning untuk persekolahan.
  • FITUR-FITUR PENDUKUNG

 

Fitur Pendukung

PENGGUNA APLIKASI RUMAH BELAJAR

Pengguna Rumbel

Pengguna dari Aplikasi Rumah Belajar terbagi menjadi dua yaitu pengguna eksternal Kemendikbud dan pengguna internal Kemendikbud. Pengguna eksternal Kemendikbud terdiri dari peserta didik, pendidik atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan (staf tata usaha, teknisi dan pengawas satuan pendidikan), dosen, praktisi pendidikan dan seluruh lapisan masyarakat. Sementara pengguna internal Kemendikbud antara lain adalah peneliti, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), Prakom, Teknisi Produksi dan Analis Teknologi Pembelajaran.

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN

Rumah Belajar merupakan Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP) atau Learning Management System (LSM). LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online (terhubung ke internet), e-learning dan materi-materi pelatihan yang semuanya dilakukan secara online.

Rumah Belajar dengan LSM-nya dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung pendidikan dan proses pembelajaran. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan pada pengelolaan proses pendidikan. Rumah Belajar memberikan konsep pembelajaran virtual dimana tujuan utamanya adalah untuk mendukung pembelajaran di dalam kelas melalui alat sistematis dan teknologi.

Rumah Belajar sebagai sistem pembelajaran secara interaktif berbasis web diharapkan akan mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat meningkatkan pembelajaran secara optimal. Rumah Belajar sebagai Learning Management System (LMS) bermanfaat untuk meningkatkan strandar proses pembelajaran dalam rangka memaksimalkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Peningkatan penggunaan sistem ini semakin terbuka peluangnya karena adanya peningkatan jumlah peserta didik yang menjadi pengguna handphone yang teritegrasi pada akses internet.

Melalui Rumah Belajar dapat dilakukan pengelolaan materi pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara online.  Selain itu memungkinkan dapat meningkatkan dan melengkapi aktivitas tatap muka dalam kelas, memantau aktivitas pembelajaran peserta didik secara online dengan cepat dan  mudah.

Kelebihan sistem ini adalah membuka peluang belajar kepada peserta didik dengan waktu yang lebih longgar dan dapat lebih banyak, meningkatkan interaksi peserta didik dengan pendidik tanpa batas waktu, dan dapat dilakukan dari mana pun serta kapan pun sepanjang peserta didik dapat terintegrasi pada akses internet. Sistem Manajemen Pembelajaran membuka peluang belajar yang lebih fleksibel  dan lebih interaktif.

Fitur-fitur interaktif memungkinkan pendidik menggunakan sistem untuk mengelola materi pembelajaran, meningkatkan jumlah aktivitas belajar peserta didik, meningkatkan aktivitas diskusi, pengumpulan tugas secara online, menampilkan produk belajar peserta didik secara online, mengkompetisikan peserta didik dalam sinergi kelompok, penyusunan bank soal, pelaksanaan tes secara online, menganalisis dan mendokumentasikan hasil tes.

SISTEM PENGELOLAAN APLIKASI RUMAH BELAJAR

Semua satuan kerja dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masuk dalam pengelolaan aplikasi Rumah Belajar, tetapi penanggungjawab utama pengelola aplikasi Rumah Belajar adalah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan dan kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) khususnya Bidang PTP berbasis Multimedia dan Web. Adapun fitur-fitur yang terdapat di Rumah Belajar masing-masing mempunyai admin atau PIC sendiri. Admin atau PIC fitur-fitur tersebut mempunyai jabatan sebagai perancang aplikasi multimedia dan web, walaupun beberapa admin atau PIC mempunyai jabatan yang lain seperti teknisi produksi, analis TP, dan PTP.

Demikianlah sekilas tentang aplikasi Rumah Belajar, semoga informasi yang ditulis dapat bermanfaat bagi semua pihak. Selanjutnya kita akan membahas lebih rinci tentang bagaimana mendaftar di Rumah Belajar.

Rating