Sebelumnya Anda mendapat penjelasan tentang aplikasi Rumah Belajar, maka selanjutnya Anda akan mendapat penjelasan tentang bagaimana melakukan registrasi pada aplikasi Rumah Belajar. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan peserta didik, pendidik, dosen dan masyarakat luas. Manfaat portal Rumah Belajar dapat dilihat dari empat hal yaitu sebagai sumber belajar, sebagai sarana e-pembelajaran antara peserta didik dan pendidik baik dalam satu sekolah maupun antarsekolah, sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi baik antara individu pendidik dan peserta didik maupun antarsekolah, serta sebagai wahana pengembangan profesionalisme pendidik. Untuk dapat mengunduh (download) konten-konten atau bahan belajar mandiri maupun memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam portal Rumah Belajar, maka terlebih dahulu Anda harus mendaftar atau registrasi di portal Rumah Belajar. Langkah-langkah dalam melakukan registrasi adalah sebagai berikut.

Beranda Rumbel

  • Pilih daftar sebagai guru dengan mengklik gambar Guru.

Daftar Rumah Belajar sebagai Guru

  • Isi form daftar baru yang berisi data sekolah, data akun, dan data diri. Username dan password haruslah unik dan memiliki keamanan yang baik, tidak mudah disabotase. Catat username dan password Anda untuk keamanan. Klik DAFTAR setelah selesai.

Form Daftar Baru

  • Setelah berhasil melakukan registrasi maka Username yang Anda buat muncul menggantikan kata DAFTAR.

Setelah terdaftar di Rumah Belajar

  • Buka kembali halaman awal yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id., kemudian isi form lalu klik LOG IN. Jika Anda berhasil terdaftar maka Username Anda akan muncul seperti langkah keempat.

Log In ke Rumah Belajar

Setelah semua tahapan sudah selesai Anda lakukan dan sukses terdaftar dalam Rumah Belajar, maka portal Rumah Belajar sudah dapat Anda manfaatkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Rating